11 January 2010

5 Kebahagiaan Seorang Blogger

Sobat Blog!. Artikel kali ini akan memberikan sobat informasi tentang 5 kebahagiaan seorang blogger. Sebelum melanjutkan artikel ini, saya mau curhat kepada para Sobat Blog. Artikel yang kemarin "4 Ciri Artikel yang dapat Meningkatkan Trafik ke Blog" mendapat komentar bahwa saya plagiat lho. Katanya saya nyontek di Forbis, padahal saya belum order ebook Forbis, baru rencana karena saya kagum dengan Forbis. Sebenarnya ada 2 poin pada artikel tersebut memang bukan ide saya, tapi saya baca dari ebook kiriman My Live Signature berjudul Blog Traffic Secret, tetapi saya mengembangkan tiap paragrafnya berdasarkan pengalaman. Apakah sama mengembangkan dengan menyontek?... He..he..Curhat nih. Intinya, mudah-mudahan setiap artikel dalam blog ini dapat bermanfaat.

Kembali ke pembahasan tentang kebahagiaan blogger. Dari pengamatan dan pengalaman saya bahwa kebahagiaan seorang blogger itu terbagi atas lima (5), yaitu bahagia karena blognya memiliki page view / impression yang tinggi, konten blognya banyak komentar, keyword maupun blognya masuk top teen di search engine, produk atau program Afiliasinya banyak terjual dan teks link atau banner Adsensenya banyak di klik pengunjung.

1. Blog memiliki page view / impression tinggi dan banyak visitor

Sobat Blog!. Memiliki page view yang tinggi dan banyak pengunjung adalah harapan banyak blogger. Page view tinggi karena banyak halaman blog sobat yang dikunjungi oleh pembaca atau pencari informasi. Jumlah page impression tidak selamanya sama dengan banyaknya pengunjung. Bisa saja page impression lebih banyak daripada visitor dan tidak mungkin sebaliknya.

Page view tinggi dan banyak visitor artinya konten atau artikel pada blog sobat berkualitas dan mungkin sangat bermanfaat karena visitor nya betah untuk berkunjung dan membuka beberapa konten. Jadi dalam membuat konten, sobat harus mengetahui beberapa tips dan triknya. Seperti yang saya kemukakan pada artikel sebelumnya dan itu merupakan pedoman dasar. Sebagai tools pembantu, sobat dapat menggunakan Google Insight dan Google Trend, siapa tahu hasilnya memiliki kaitan dengan keyword blog sobat.

2. Konten blog banyak komentar

Pasti sobat blog ada yang kenal dengan blogwalking. Saat sobat blogwalking para blogger sering memberikan komentar dan meninggalkan link pada konten blog yang dikunjungi. Bercerita tentang comment banyak jenis komentar yang sering saya temui. Ada komentar yang menambahkan substansi konten, ada yang mengkritik dan memberikan solusinya, ada yang menjadikannya tempat diskusi dan ada pula yang cuman meninggalkan link.

Jadi semakin banyak komentar dalam setiap konten/post blog, maka substansi konten semakin mendekati titik kesempurnaan dan menjadi semakin bermanfaat pula buat para pembaca. Bahagiakah sobat jika konten blognya mendekati titik kesempurnaan?.

3. Keyword blog masuk top teen di search engine

Search engine (SE) merupakan alat bantu bagi pengguna internet untuk mencari informasi. Para pengguna akan memasukkan kata kunci (keyword) dan mulai melakukan pencarian. Apabila netter mencari informasi yang berhubungan dengan keyword blog sobat dan hasilnya blog sobat masuk dalam top teen hasil pencarian SE, maka peluang blog sobat untuk dikunjungi semakin besar. Itulah jenis kunjungan alami ke blog sobat.

Namun jika keyword yang sobat blog tembak memiliki banyak pesaing, maka blog sobat agak sedikit sulit menjadi top teen dari hasil pencarian SE, apalagi jika pesaing blogger senior. Ah...takut. Tapi anda jangan menyerah dengan hal itu, solusinya sobat perlu mempelajari teknik SEO. Mulai dari SEO dasar sampai pada penggunaan h1. Mau tau tentang SEO gaul aja sama kang aalil atau kunjungi blog belajar SEO.

4. Produk atau program Afiliasinya banyak terjual

Kebahagiaan ini dapat tecapai jika sobat pebisnis online. Jika produk sobat atau produk Affiliasi yang anda tawarkan berkualitas, maka produk tersebut akan terjual sempurna. Namun, jika sobat berharap akan pembeli yang banyak, maka sobat butuh pengetahuan akan Internet Merketing. Sobat Blog setidaknya harus tahu dan bisa memasarkan produk. Sobat butuh promosi yang efektif, follow up calon konsumen sampai ke tahap inisiatif konsumen melakukan transaksi. Ingat..Ingat..Ingat produk harus berkualitas lho. Mau tau Bisnis Online dan Internet Marketing lebih dalam, gaul aja sama Mas Joko Susilo, Mas Welly Mulya dan Mas Arief Maulana.

5. Teks atau Banner Link Adsensenya banyak di klik pengunjung

Jenis kebahagiaan ini pencapaiannya hampir sama dengan yang di atas. Jika sobat sebagai publisher program pay per click (PPC), pay per lead (PPL) atau sebagainya, pasti dalam blog sobat terdapat teks link ataupun banner adsense jenis program tersebut. Pencapaiannya, jika blog sobat memiliki page view tinggi dan banyak visitor maka kesempatan memperoleh klik dari pengunjung lebih banyak - banyak klik banyak duit. Wah..bisa kaya nih.

Sebagai contoh, program PPC paling banyak diminati publisher berasal dari om google yaitu Google Adsense. Google akan memberikan sobat dollar ($) pada klik yang terjadi. Tapi penialiannya berdasarkan CTR (click through rate/rasio), dimana Jumlah Klik dibagi Jumlah Pengunjung x 100 % dan Rasio CTR yang paling aman adalah 1 -3 %.

Urutan 5 kebahagiaan di atas bukanlah menjadi urutan yang baku. Sobat blog dapat memilih urutan berdasarkan poin terpenting yang dapat membuat sobat bahagia. Ataukah, sudah ada Sobat yang telah mencapai 5 kebahagiaan blogger?. Kalau ada tolong berbagi pengalaman buat sobat-sobat yang lain.

Terakhir, saya berharap sobat-sobat dapat menambahkan poin-poin kebahagiaan ini agar lebih lengkap dan substansinya mendekati titik kesempurnaan.

0 comments:

Post a Comment

http://thalibblog.blogspot.com/feeds/comments/default