11 August 2009

6 TAHAP MEMBUAT BLOG

6 tahap membuat blogDi internet terdapat banyak sekali tempat untuk membuat blog atau web dari yang berbayar sampai yang gratisan. Bila anda ingin memiliki domain sendiri dengan harga yang terjangkau, anda bisa membelinya di www.manchesterdomain.com. Untuk yang gratisan anda bisa menggunakan www.phpnet.us karena menyediakan gratis domain dan hosting ditambah lagi database. Selain situs tersebut blogger.com, co.cc, altavista.com, dagdigdug.com, wordpress.com, blogdetik.com juga menyediakan blog/web gratis.

Berikut ini diberikan contoh tahapan membuat blog dengan menggunakan blogger.com.

1. Terlebih dahulu buatlah email di http://mail.google.com atau gmail.com. Membuat alamat email sangat di sarankan untuk kemudahan menangani fasilitas dari google yang lain. Untuk membuatnya, klik Create an Account atau Sign Up lalu ikuti petunjuk selanjutnya dalam membuat email dari google (gmail).

2. Buat blog di blogger.com/blogspot.com. Pilihlah bahasa yang akan digunakan dalam mengelola blog pada kolom Language di sudut kanan atas. Jika anda sudah memiliki dan akan menggunakan email dari gmail, masukkan alamat email di kolom username (email) dan password gmail di kolom atas yang tersedia. Klik Sign in (masuk). Dan apabila anda tidak menggunakan email gmail, maka klik Create Your Blog Now.

3. Pilih nama blog anda yaitu mengisi blog title dan blog address (URL), kemudian mengetik ulang huruf yang tertulis (word verification) dan klik lanjutkan (continue).

4. Pilih template (thame), kemudian klik continue.

5. Tampilan selanjutnya, blog sudah bisa di mulai klik Star Blogging

6. Buat postingan di blog. Klik menu Posting (create), tuliskan judul posting dan isi blog dengan kolom tulisan. Setelah penulisan content selesai maka terbitkan posting (publish post) atau Save Now untuk menyimpan tulisan.

Ringkasan di atas telah menggambarkan anda cara maupun tahapan membuat blog. Jadi buatlah blog sendiri, tuangkan kreatifitas anda di dalamnya.

0 comments:

Post a Comment

http://thalibblog.blogspot.com/feeds/comments/default