17 September 2009

6 JENIS CONTENT UNTUK BLOG

6 jenis content blog
(Content is the content of your blog / website on a page either in the form of text files, images, sound or video)
Content merupakan isi blog/website dalam suatu halaman baik berupa file teks, gambar, suara ataupun video.

Setelah membuat blog, anda harus mengisinya dengan content sesuai dengan tema atau keyword yang sudah ditentukan. Hal terpenting yang harus anda perhatikan yaitu buatlah content yang membuat pengunjung tertarik lagi untuk kembali ke halaman blog/web anda. Content anda sebaiknya menjadi bahan rujukan utama bagi pengunjung yang membutuhkan informasi perihal content tersebut. Oleh karena itu sebaiknya selalu dilakukan update content.

Artikel

Banyak netter yang menjadikan artikel of the king. Mereka menulis artikel yang sesuai keahlian atau memang paham mengenai tulisan mereka. Artikel tersebut dapat berupa opini, berita, inovasi terbaru, essai, maupun hasil penelitian sosial dan ilmu alam.

Informasi

Jika anda tidak memiliki keterampilan menulis artikel, maka cara lainnya adalah menulis informasi (non artikel) dari sumber lain lalu menuangkannya kembali di blog atau website yang kita buat. Sebagai misal, informasi lowongan pekerjaan, beasiswa terbaru, informasi universitas/perguruan tinggi terkemuka dan sebagainya. Informasi semacam ini biasanya tidak memiliki hak cipta, sehingga kita bebas melakukan copy-paste, tetapi dengan tetap menyebutkan sumber informasi tersebut.

Direktori

Selain di atas, alternatif lain yang bisa dipilih adalah membuat direktori yang berisi kumpulan link atau alamat. Misal, anda membuat direktori bisnis online, penyedia beasiswa, alamat kampus, alamat kantor pemerintah dan sebagainya.

Gambar (Image)

Content gambar juga merupakan salah satu alternatif yang dapat dipublikasikan pada halaman blog. Apabila anda hobi memotret (Fotografer) maka anda dapat menyajikannya di blog sehingga dapat dilihat jutaan orang pengguna internet di seluruh dunia, gambar tersebut baik berupa acara-acara penting, keindahan alam, gambar realitas kehidupan dan sebagainya.

Sebagai contoh anda dapat melihat beberapa search engine yang menyediakan fasilitas pencarian gambar (image search), seperti google, yahoo, ask, altavista dan sebagainya. Selain itu ada beberapa domain yang juga menyediakan gambar-gambar pesona alam, gambar eksotis (seksi) yang dilarang di Indonesia, maupun sampai gambar-gambar kenangan pribadi pemilik domain.

Suara

Jika anda menyukai musik atau mahir menciptakan instrumen, maka jenis content suara tersebut dapat disediakan dalam halaman blog anda. Musik maupun instrumen-instrumen hasil ciptaan sendiri dapat langsung dipublikasikan di dalam blog anda. Sedangkan bila musik tersebut milik pihak lain sebaiknya meminta izin untuk mempublikasikannya. Misal, domain penyedia lagu-lagu Indonesia atau barat, instrumen-instrumen unik, pembuat ringtone terbaru dan sebagainya. Format suara yang umum digunakan yaitu .mp3, .wav.

Video

Content video juga baik untuk blog. Bila anda memiliki keahlian shoot anda dapat menangkap moment-moment indah, lucu, aneh maupun membuat film dokumenter dan mengapload ke dalam domain anda. Format video yang umum digunakan yaitu .mwv,.avi, .mov, .3gp, dan .mpg.

Untuk lebih memperkaya content blog anda, maka undang orang lain untuk menambah/mengisi content di blog/domain anda. Buatlah ruang untuk pengguna lain agar kreatifitas yang mereka buat dapat dipublikasikan atau diupload ke blog anda. Sebagai contoh, video.google.com, youtube.com, vids.myspace.com dan sebagainya merupakan blog dengan content video dan menyediakan ruang upload yang dapat dimanfaatkan orang lain.

Jadi silahkan anda pilih jenis content apa yang anda akan posting ke halaman blog/website yang anda kelola. Kata terakhir, silahkan sesuaikan content dengan keahlian atau keterampilan, sehingga content blog/website anda dapat terus terupdate.

8 comments:

dwell on 7 November 2009 at 21:08 said...

is my pleasure to come on ur amazing site......great day for you.........keep in touch

blogku-007 on 7 November 2009 at 21:25 said...

nice post, good luck

kelirirenk.co.cc on 7 November 2009 at 21:45 said...

Informasi menarik, membuat berpikir ulang untuk posting yang lebih baik.

heru on 8 November 2009 at 01:24 said...

nice post sobat, salam kenal

Rizkyzone on 8 November 2009 at 11:37 said...

kalau blog q menurut kamu gmana sob ?

bayu ratri on 9 November 2009 at 08:45 said...

konten is the king. setuju mas. mungkin blog saya termasuk blog gado2 ya. isinya macem2

feverklik on 10 November 2009 at 07:10 said...

Ok nice inpooo, ditunggu kunjungannya

Sobat Blog on 12 November 2009 at 21:20 said...

key..ma kasih semuanya...n marilah kita saling berbagi informasi bermanfaat di dunia maya ini

Post a Comment

http://thalibblog.blogspot.com/feeds/comments/default